Bagaimana Cara Berinvestasi – Strategi Investasi Dasar

Bagaimana Cara Berinvestasi – Strategi Investasi Dasar

Belajar berinvestasi adalah bagian pelajaran hidup yang penting. Dibutuhkan beberapa strategi investasi untuk beberapa orang dalam memulai investasi uang tanpa obsesi. Untuk belajar cara investasi tidak dibutuhkan jenjang pendidikan yang tinggi, bahkan anda tidak harus menjadi sarjana.  Amunisi yang anda perlukan hanyalah pemahaman dasar bisnis dan punya rasa percaya diri untuk membangun rencana bisnis dan menganggapnya sebagai bagian dari hidup anda. Setiap orang tentu bisa melakukannya.

Apakah Investasi menakutkan?

Bagi sebagian besar orang, investasi adalah sesuatu yang menakutkan. Oleh karena itu uang tidak sebagian besar dari mereka tidak membicarakannya di rumah. Terutama bagi mereka yang tidak memiliki kemandirian finansial atau mereka yang tidak mempunyai uang banyak.

Jika Anda termasuk golongan seperti di atas, maka investasi pertama yang anda jalani menjadi bagian yang paling sulit dan bersamaan dengan meningkatnya kemampuan anda dalam berinvestasi.

Tujuan investasi

Setiap orang pasti memiliki tujuan keuangan yang berbeda – dan yang pasti juga semakin orang mempelajari dan menetapkan tujuan keuangan anda maka rasa percaya diri anda semakin meningkat dalam menentukan jalan anda sendiri.  Dan harus anda pelajar adalah:

Tujuan finansial dasar: Beberapa orang mungkin sudah memiliki perencanaan investasi dengan tujuan tertentu, jika anda seorang pegawai baik negeri maupun swasta, mungkin Anda  investasi untuk  menghasilkan uang yang cukup untuk jaminan hidup setelah pensiun. Begitu bagi para pekerja keras, merak tidak ingin bekerja sepanjang hidupnya, dan mempunyai keinginan bisa menikmati hidup di hari tua tanpa khawatir mengenai kondisi keuangan.

Menikmati sisa hidup dari pendapatan investasi dan memiliki sesuatu yang tersisa untuk orang yang dicintai adalah sesuatu yang semua investor dambakan. Mungkin tidak sama bagi sebagian orang, tetapi ini adalah sikap yang tepat.

Apa yang di Investasikan?

Jika Anda minta saran dari penasihat keuangan maka maka akan menyarankan Investasi Saham dan Obligasi dan tentu saja akan disesuaikan dengan proporsi Anda.

Walaupun begitu terdapat cara lain, misalnya misalnya Investasi di Real Estate.

Apakah saya harus berinvestasi atau membayar hutang?

Jika anda mempunyai hutang dalam jumlah tentu saja anda harus melunasi tanggungan anda terlebih dahulu. Anda tidak bisa berinvestasi dengan masih menanggung beban hutang dalam jumlah besar, sebab akan mempengaruhi psikologis Anda. Anda akan menjadi terobsesi untuk bisa menghasilkan uang banyak untuk melunasi hutang Anda. Dan pada akhirnya anda tidak akan mendapatkan apapun, bahkan menjadi berbabanding terbalik dengan obsesi Anda disebabkan Anda tidak bisa analisa apakah Anda telah menginvestasikan di tempat yang aman.

Investasi vs Perjudian

Terlalu sering, orang bingung berinvestasi kadang beberapa orang takut bahwa berinvestasi adalah judi. Pada hal terdapat perbedaan di antara keduanya. Jika Anda melihat definisi dalam kamus, investasi dan perjudian sangat berbeda:

Investasi: ” Menempatkan (uang) untuk digunakan, dengan membeli atau pengeluaran, dalam sesuatu yang menawarkan keuntungan potensial yang menguntungkan, seperti bunga, pendapatan, atau penghargaan atas nilai.”

Perjudian: “aktivitas atau praktek bermain di permainan kebetulan demi uang atau taruhan lainnya.”

Jika anda membeli barang dalam karung tanpa melihatnya, dan hanya menebaknya saja bahwa barang tersebut tergolong berlian, maka itu termasuk perjudian.

Dengan tekun menyisihkan uang, memasukkannya saham atau dana terbaik untuk tujuan Anda, dan membiarkannya bertahan lama … itulah investasi.

Anda suka meneliti saham dan melakukan perdagangan cepat untuk mencari keuntungan jangka pendek, itu bagus, dan menyenangkan. Hanya saja. Saran saya gunakan uang anda dengan bijak, lakukan tidak lebih dari 10% dari cadangan uang Anda.

Jadi dengan berinvestasi, Anda membuat keputusan terdidik untuk mendapatkan keuntungan potensial. Dengan berjudi, Anda memainkan permainan kebetulan.

Investasi untuk pemula.

Untuk memulai investasi, Anda harus membuat beberapa pilihan:

Pilih platform Anda

Pertama, Anda harus memilih platform untuk berinvestasi. Platform yang tersedia meliputi:

Broker saham online – ini adalah broker yang tersedia secara online. Anda biasanya dapat melakukan segalanya tanpa harus berbicara dengan seseorang, yang bagus untuk beberapa orang. Broker online juga sering jauh lebih murah daripada broker batu bata dan mortir tradisional tempat Anda bertemu tatap muka dengan seseorang.

Penasihat keuangan – beberapa orang mungkin memilih untuk berinvestasi dengan penasihat keuangan karena mereka menginginkan interaksi tatap muka, saran profesional, dan tidak keberatan membayar premi untuk seseorang yang menangani uang mereka. Sering kali, orang dengan sejumlah besar uang untuk diinvestasikan dengan menyerahkannya ke penasihat keuangan sehingga mereka tidak perlu melakukan pekerjaan itu.

Aplikasi investasi – Anda mungkin ingin kemudahan dan otomasi lengkap, serta kemampuan untuk melakukannya) tidak perlu berbicara dengan siapa pun secara langsung, dan b) tidak harus duduk dalam hitungan untuk melakukan penelitian apapun. Dengan menggunakan aplikasi investasi seperti Stash, Anda bisa masuk