Bisnis MLM Online dan Ofline: Mana Yang Lebih Menguntungkan?

Bisnis MLM Online: Bisakah dilakukan?

Tidak semua orang memiliki pola kemampuan yang sama dalam menjalankan bisnis MLM cara tradisional atau ofline. Ada banyak orang yang tidak memiliki kemampuan menawarkan bisnis mlm pada mereka. Sementara beberapa yang lain tidak bisa duduk diam di rumah. Mereka lebih senang menjajakan bisnis secara langsung dari orang ke orang.

Bisnis MLM secara Online sangat cocok pada mereka yang tipe orang yang pertama, yaitu mereka yang tidak memiliki kemampuan atau merasa malu dalam menawarkan bisnis secara langsung dari orang ke orang. 

Bisnis MLM tradisional/ofline

Perusahaan MLM tradisional mengadakan pertemuan rutin untuk presentasi produk dan peluang bisnis. Anggota menduplikasi metode dari sponsor atau upline dengan mengadakan pertemuan mereka sendiri untuk menarik orang di lingkungan mereka. Sebagian besar perusahaan MLM tradisional memiliki sebuah situs web atau toko online untuk perusahaan mereka sendiri. Mereka tidak membangun situs web atau toko online untuk para anggotanya. Mereka menyediakan bahan cetak atau buku panduan untuk anggota sebagai alat pemasaran untuk presentasi offline untuk teman-teman mereka. Jika di antara member ingin memasarkan bisnis pemasaran jaringan secara Online dari rumah, maka mereka harus membangun website mereka sendiri, tetapi harus mengikuti pedoman mereka. Beberapa memiliki pedoman yang ketat yang tidak memungkinkan member mengirim produk mereka di internet. Semua administrasi dilakukan secara manual oleh perusahaan MLM.

Bisnis MLM online

Perusahaan MLM online memiliki dua pilihan, offline pertemuan rutin atau presentasi online dalam bentuk pelatihan, website dan webinar. Setiap anggota yang bergabung dengan perusahaan MLM online akan mendapatkan website dibangun oleh mereka dan di bawah nama orang untuk tujuan pemasaran online. Mereka menyediakan offline dan sumber daya online pemasaran untuk anggota di website. Anggota dapat mencetak sumber daya untuk pasar offline atau menggunakan sumber daya untuk pasar online menggunakan blog atau situs media sosial selain memiliki website. Semua administrasi dilakukan secara otomatis atau secara online di website sehingga anggota dapat memeriksa kapan saja.

Ketika Anda membangun sebuah bisnis pemasaran jaringan rumah, tidak hanya melihat produk daya tarik dan kompensasi imbalan tapi yang paling penting adalah sistem pemasaran dan tim pemasaran yang akan bergabung. Jika Anda telah bergabung dengan perusahaan MLM sebelumnya dan Anda gagal, itu tidak berarti bahwa Anda memiliki NO LUCK di MLM. Kadang-kadang, Anda harus mencoba perusahaan MLM yang berbeda sebelum Anda menemukan yang tepat untuk bisnis pemasaran jaringan dari rumah. Perusahaan MLM tradisional tidak memungkinkan Anda untuk test drive sistem mereka namun perusahaan MLM online memungkinkan Anda untuk test drive sistem mereka secara GRATIS sebelum Anda bergabung.

Apakah Bisnis MLM Online Lebih Menguntungkan dibandingkan dengan Ofline?

Kesuksesan dalam bisnis bukanlah terletak pada cara tetapi pada kepercayaan dan kemampuan dalam melakukannya. Trust lebih ditentukan oleh faktor psikologis terhadap bisnis yang dilakukannya, ini terkait dengan cocok tidaknya cara yang dilakukan dengan karakter seseorang. Bisnis MLM ofline tentu saja tidak cocok bagi mereka yang tidak suka ketemu orang, tipe orang penyendiri, tidak suka bersilaturrohmi, dan orang yang tidak suka bergaul. Kalaupun dipaksakan, biasanya tidak memperoleh hasil yang diharapkan. Orang yang memiliki tipe seperti ini lebih cocok di bisnis MLM Online dibandingkan dengan yang Ofline.

Sebaliknya ada beberapa orang yang ketika bekerja yang berhubungan dengan komputer sudah menyerah lebih dahulu sebelum melakukannya, banyak di antara mereka yang lebih suka berjumpa dengan orang baru dan lebih suka menawarkan produk dan bisnis secara langsung. Apakah orang tipe seperti ini bisa melakukannya di bisnis MLM Online? Nah inilah kelebihan mereka dibandingkan dengan tipe pertama. Orang dengan tipe seperti ini bisa melakukannya secara Online dan ofline. Mungkin di bisnis Online mereka tidak bisa mengerjkannya sendiri, mereka bisa melakukannya dengan cara memperkerjakan orang untuk bisnis Online mereka.