Cara Mengembangkan Bisnis Jaringan

Cara Mengembangkan Bisnis JaringanCara Mengembangkan Bisnis Jaringan. Apapun bisnis yang anda geluti, maka ada syarat utam yang harus anda miliki yaitu komitmen dan kesabaran. Sedangkan modal, walaupun ini sangat penting, tidak akan ada artinya jika tidak memiliki komitmen dan kesabaran. Jika anda saat ini memiliki sebuah bisnis jaringan dan ingin jaringan anda berkembang di bawah ini ada beberapa cara mengembangkan bisnis jaringan, yang bisa anda pelajari dan praktekkan.

Berani memulai

Ini adalah langka awal dalam mengembangkan bisnis jaringan. Anda tidak bisa mengembangkan bisnis jaringan hanya dengan pikiran anda, hanya membayangkan maupun merencanakan. Anda harus berani memulai. Action, Action, dan Action.

Tidak Malu

Bisnis adalah bisnis. Kecil maupun besar sebuah bisnis tergantung diri kita sendiri. Jika anda malu ketika teman atau orang-orang dekat kita tentang bisnis yang kita geluti, maka ini berarti anda tidak percaya pada bisnis anda. Kecil maupun besar bisnis anda saat ini bukanlah ukuran bahwa tidak akan menjadi besar. Tidak ada sebuah bisnis pun yang di mulai dengan bisnis yang besar. Harus di mulai dari yang kecil. Bahkan walaupun anda memiliki modal yang besar. Apalagi yang berkaitan dengan beberapa cara mengembangkan bisnis jaringan.

Bangun Kepercayaan

Percaya bahwa bisnis yang saat ini digeluti akan berhasil. Jika anda ingin membangun jaringan bisnis anda maka anda harus percaya pada bisnis anda sendiri. Prospek anda akan bisa melihat dan merasakan keyakinan maupun ketidakyakinan anda terhadap bisnis yang anda tawarkan. Jika anda tidak yakin jangan berharap prospek anda mau mengikuti anda.

Kesempatan ada di mana-mana

Jangan membatasi diri. Setiap orang adalah kesempatan. Jika anda membatasi diri dan memilih-milih maka keberhasilan anda juga memilih-milih. Bahkan seorang yang menurut anda tidak layak, jangan diabaikan. Jangan pula membatasi pada orang-orang jaringan saja. Juga jangan membatasi pada lingkungan bisnis. Anda bisa menjalin hubungan dengan orang-orang di kereta, di toko buku, di ATM. Berbicaralah pada banyak orang, dengan demikian secara tidak langsung anda mulai belajar membangun rasa percaya diri anda.

Tersenyum dengan tulus

Senyuman memiliki daya magis. Tentu saja tidak sembarang senyuman. Jika anda tersenyum maka yang tersenyum tidak hanya mulut anda, tetapi semua anggota tubuh anda. Artinya senyuman itu bukan topeng untuk menutupi keadaan hati anda yang sebenarnya, tetapi memang hati anda memang benar-benar tersenyum. Jika anda berbicara dengan orang dengan mimik yang tidak menarik maka kesan pertama orang terhadap anda adalah negatif. Dan untuk selanjutnya anda akan sulit menjalin hubungan yang lebih erat lagi, apalagi berlanjut pada hubungan bisnis.

Berani menghadapi penolakan

Tidak semua orang sejalan dengan pikiran kita, oleh karena itu penolakan sudah pasti ada. Bahkan jika anda seorang pemula dan anda menawarkan pada orang yang baru anda kenal, maka kemungkinan penolakan akan sangat besar. Seiring berjalannya waktu, dan anda telah melewati jalan yang benar sulit, maka selanjutnya penolakan tersebut akan semakin sedikit terjadi. Penolakan bukanlah suatu yang buruk pada anda, justeru dengan andanya penolakan anda bisa belajar darinya. Penolakan bisa menjadi pengalaman yang sangat berharga.

Memelihara hubungan

Memelihara hubungan adalah sangat penting dalam bisnis. Jika anda ditolak, jangan memutuskan tali hubungan. Hubungan harus tetap terjalin dengan mereka. Hubungan yang terjalin terjalin, akan memberikan peluang pada anda dalam jangka panjang.
Di atas adalah beberapa cara mengembangkan bisnis jaringan. Tentu saja anda bisa menambahkan atau memperbaiki berdasarkan pengalaman anda. Tetapi cara-cara di atas adalah dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang jika menginginkan keberhasilan dalam mengembangkan jaringan.

Leave a Reply