Percepatan bisnis Asuransi dengan membentuk jaringan bisnis

penganbangan bisnisHal yang sering diabaikan oleh para pebisnis MLM adalah menjual. Fokus utama pelaku bisnis MLM lebih terfokus pada membangun jaringan daripada menjual, sedangkan untuk melanggengkan omzet bulanan mereka lebih menitikberatkan pada pemakain produk untuk setiap distributor. Diharapkan dengan jaringan yang besar dan setiap distributor adalah pelanggan produk maka hal itu sudah cukup untuk memiliki omzet yang lumayan.

Bisnis asuransi tidak bisa diberlakukan seperti layaknya bisnis MLM. Walaupun setiap agen misalnya dikenai kewajiban untuk menjadi nasabah, tetapi hal itu tidak bisa memberikan cukup kuat untuk menaikkan omzet yang diharapkan. Ada syarat yang harus dipenuhi sebagai seorang agen asuransi yaitu harus menaikkan peringkat untuk memperoleh bonus dari jaringan yang dibangun. Beberapa perusahaan asuransi menerapkan dengan ketat untuk peringkat bisnis dengan membatasi waktu minimal 1 tahun dalam setiap kenaikan jenjang peringkat, sehingga walaupun omzet sebagai syarat kenaikan peringkat dipenuhi, masih harus menunggu tahun kedua untuk memperoleh fasilitas peringkat sedangkan bonus jaringan masih menunggu pada tahun berikutnya.

Allianz adalah satu-satunya perusahaan yang menerapkan jenjang yang sangat longgar. Tidak harus menunggu satu tahun untuk mendapatkan kenaikan peringkat. Syarat yang diajukan cukup mudah yaitu hanya dengan omzet sebesar 12 jt, maka secara otomatis memperoleh kenaikan peringkat. Sedangkan bonus jaringan (bonus di luar omzet pribadi) akan diberikan setiap bulan pada bulan berikutnya. Ini adalah hal yang baru dalam dunia asuransi, di mana bisnis asuransi seperti layaknya bisnis MLM yang memberikan bonus bulanan diluar omzet pribadi.

Seorang agen mungkin merasa gagap dalam menerapkan pola tersebut, sering kali mereka asing dengan pola kerja. Kekuatan agen asuransi adalah menjual produk. Mereka sangat nyaman dalam menjual. Sedangkan pelaku bisnis jaringan memiliki kekuatan dalam mengembangkan jaringan. Mereka lebih nyaman menawarkan bisnis daripada menjual produk. Ini adalah hal yang berbeda. Pola yang diterapkan dengan mengabungkan antara kekuatan menjual dan kekuatan dalam membangun jaringan memberikan hasil yang terbaik dalam bisnis asuransi.

Bisnis Asuransi sangat berbeda dengan MLM. Bisnis ini tidak bisa diperlakukan layaknya bisnis MLM yang hanya mengandalkan omzet dari dari pemakaian pribadi. Setiap agen harus juga bisa menjual untuk mendapatkan peringkat penghasilan yang maksimal.

Percepatan perkembangan bisnis dalam asuransi akan jauh di atas pelaku bisnis MLM jika para pelaku memiliki dua kekuatan itu, yaitu menjual dan mengembangkan jaringan. Nah, jika anda adalah seorang yang memiliki dua kekuatan itu, seorang yang memiliki visi ke depan, maka bisnis ini cocok untuk anda.

Leave a Reply